1.1.12

New Year!

Padahal setiap hari besaran yang kita kenal dengan sebutan ‘waktu’ ini terus berjalan. Terus, terus, dan terus. Berarti bukan cuma ada tahun baru, ada anak-anak beserta cucu dan cicitnya juga: bulan, minggu, hari, jam, menit, detik.

Selamat bulan baru!
Selamat minggu baru!
Selamat hari baru!
Selamat jam baru!
Selamat menit baru!
Selamat detik baru!

Tapi semuanya mungkin luput dari ingatan. Hal-hal yang mungkin kita anggap remeh, padahal mungkin penting juga.

Saya adalah orang yang suka memperhatikan hal-hal kecil, yang menurut orang lain tidak penting sekalipun. Buat saya, hidup yang saya alami adalah kalkulasi dari setiap momen yang saya lewati. Saya mengibaratkan hidup seprti ‘puzzle’ : terpecah berai dengan dimaksudkan untuk disusun supaya saling melengkapi dan mempunyai arti. Saya menghargai setiap adegan-adegan hidup yang saya alami. Saya suka mencatat kejadian sehari-hari yang saya alami, ditulis supaya saya selalu ingat apa saja yang telah saya alami, kapan dan dimana saya mengalaminya, siapa-siapa saja yang mewarnai hidup saya, bagaimana hidup pernah memperlakukan saya. Kepingan-kepingan itu akan berusaha saya ingat, bukan untuk selalu menoleh ke belakang, bukan untuk mencari celah kegalauan apabila saya mengingat yang pahit-pahit atau juga bukan untuk mendamba kenangan manis yang sudah lalu dan tertinggal di belakang. Saat saya menulis rapi kejadian-kejadian hidup dan suatu hari saya membacanya kembali, saya cuma ingin 2 hal: belajar dan bersyukur. Kalau saya menulis hal-hal buruk, saat membacanya kembali mungkin akan terasa sakit sedikit, tapi dari itulah saya akan belajar menjadi lebih kuat. Kalau saya menulis hal-hal manis, saat membacanya mungkin akan ada jutaan ucap syukur yang saya limpahkan pada-Nya. Ya intinya, bukan meratapi masa lalu tapi mensyukuri :)

Tahun 2011 saya lewati dengan banyak banyak banyak rasa syukur. Tuhan selalu sayang sama saya lewat cara-Nya yang selalu unik dan hebat, bisa dengan “memberi” ataupun “memperingati”. Apapun kejadian yang saya alami, saya akan selalu merasa beruntung selama saya masih dikelilingi oleh orang-orang yang saya sayangi. Bahagia sekali rasanya :)

Banyak juga rencana-rencana di tahun 2012, tapi intinya ya cuma 1: saya ingin selalu membahagiakan orang-orag yang saya sayangi. Is that simple? Ya itu visinya, mungkin selalu sama di setiap tahunnya, tapi misinya yang berbeda-beda dan banyak sekali. Yang banyak sekali itu sudah saya tulis rapi juga, akan saya sampaikan lewat doa-doa supaya Tuhan membacanya. Semoga saya dikasih kesempatan untuk melengkapi kepingan-kepingan puzzle yang saya inginkan itu di tahun 2012. Amien :)

Seperti yang sudah saya bilang, setiap waktu adalah berharga, setiap momen adalah penting. Sesungguhnya kita bisa merayakan setiap milisekon waktu yang akan kita hadapi di depan. Tapi toh tidak ada salahnya menyambut momentum tahun baru dengan sukacita. Anggap saja hari ini menjadi titik introspeksi sekaligus pengisian amunisi pundi-pundi semangat untuk menyusun kepingan-kepingan puzzle yang akan hadir di depan kelak. Tahun baru berarti semangat baru, semangat baru hari ini, semangat baru besok, semangat baru besok-besok-besoknya lagi, semangat selalu! :D


No comments:

Post a Comment