5.9.11

Perkenalkan!



Perkenalkan... Nama saya Dinda Ramadhanty Gunawan, yang di sebelah saya itu adalah adik saya. Orang-orang sering salah mengeja nama tengah saya, baik pengucapan maupun penulisan. Ada yang pernah bilang: Ramadanty, Ramadhanti,Ramadhani, Ramandanthi, Ramandhenty, bahkan hanya kurang huruf ‘H’ atau keliru antara huruf ‘Y’ dengan huruf ‘I’ di belakang pun saya tidak suka. Saya eja sekali lagi ya: R-A-M-A-D-H-A-N-T-Y . Seperti pada kata bulan ramadhan lalu buntutnya ditambah ty, jadilah ramadhanty. Tidak sulit bukan?

Perkenalkan… Nama saya Ilham Muhammad Ramdhan Gunawan, yang di sebelah saya itu adalah kakak saya. Orang-orang juga sering salah melafalkan nama saya. Tapi hanya berubah dari ramdhan menjadi ramadhan, kelebihan huruf ‘A’. Lebih mudah untuk meralat dibandingkan dengan kakak saya, untungnya.

Kami kakak-beradik yang terpaut 5 Ramadhan. Ya, kami sama-sama terlahir ke dunia ini pada bulan Ramadhan. Kembali lagi pada esensi perkenalan kami. Sakhespeare bilang: apalah arti sebuah nama? Jelas berarti. Nama adalah doa, dan terutama itu adalah harapan yang dipanjatkan oleh orang tua tercinta. Interaksi pertama di hari lahir yang akan terbawa sampai kami mati lagi. Yang pasti, orang tua kami punya maksud tertentu dengan membubuhkan kata ramadhanty  serta ramdhan, dan bukan cuma ramadhan tok, pada nama kami. Yang pasti, orang tua kami menyisipkan kata bernuansa ramadhan itu bukan cuma sekedar untuk mengenang hari lahir kami, bukan cuma sekedar untuk mengenang bulan suci dan bulan penuh berkah itu di setiap dirgahayunya kami. Orang tua kami mungkin bukan berharap anaknya sesuci bulan ramadhan, manalah ada manusia sempurna? Tapi mungkin orang tua kami mendoakan supaya anaknya lahir ke muka bumi ini dengan penuh berkah, dan menjalani hidupnya dengan selalu berusaha membawa keberkahan. Maka tetaplah doakan kami, karena kami selalu menyandang nama itu, dan kami juga selalu berusaha.

Perkenalkan sekali lagi… Nama saya Dinda. Nama saya Ilham. Cukup itu saja, tak apa, karena kami lelah menginterupsi.

No comments:

Post a Comment